Bersih Nagari Peringati Hari Jadi Ke 818 Kabupaten Tulungagung

TERASKATA.COM,Tulungagung – Pemerintah Kabupaten Tulungagung gelar upacara adat tradisi Bersih Nagari dalam rangka memperingati Hari Jadi ke – 818 Kabupaten Tulungagung, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.Sabtu (18/11/2023). 

Acara tersebut dihadiri Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Marsono, Forkopimda, Kepala Dinas Instansi terkait, Ketua panitia penyelenggara beserta anggota, para tokoh masyarakat khususnya di Kabupaten Tulungagung serta para tamu undangan. 

Upacara adat Bersih Nagari yang diperingati setiap tanggal 18 November ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pembangunan dan kemajuan Kabupaten Tulungagung.

Diiringi tarian reog kendang khas Tulungagung´╗┐, tampak iring-iringan abdi dalem berpakaian adat tradisional Jawa berjalan di depan arak-arakan dua tumpeng raksasa yaitu Buceng Lanang yang terdiri nasi kuning lengkap dengan aneka lauk pauk dan Buceng Wadon berisi aneka hasil bumi berupa sayur mayur dan buah buahan, sebagai simbol filosofi serta ungkapan rasa syukur atas capaian Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno,  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terimakasih kepada Panitia Hari Jadi, serta seluruh warga masyarakat Tulungagung yang telah mendukung suksesnya seluruh rangkaian peringatan Hari Jadi ke-818 Kabupaten Tulungagung. 

Menurutnya, peringatan hari jadi tak lepas dari keberadaan Prasasti Lawadan sebagai tanda bukti semangat perjuangan para leluhur pada pemerintah kala itu.

“Hal itu menjadi contoh yang baik untuk kita bahwa untuk mencapai keinginan, tujuan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, Jer Basuki Mawa Beya,” ucapnya.

Komentar