Pemerintah Desa Ngampel, Gelar Pentas Wayang Kulit Semalam Suntuk

TERASKATA.COM,Madiun– Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dipentaskan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78, Maulad Nabi dan tradisi Bersih Desa di Desa Ngampel, Kecamatan Mejayan, Kabupaten ┬áMadiun. Lokasinya di Lapangan Nugraha Mukti, dengan┬áLakon “Satriyo Maneges”. Selasa Malam Rabu, (12/9/23).

Ketua Pantia, Tri.Mulyono mengatakan, pertunjukkan wayang kulit ini sebagai agenda penutup dari serangkaian acara menyambut HUT RI Ke-78.

“Pertunjukkan Wayang Kulit dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi malam ini merupakan rangkaian acara memeriah kan HUT RI yang ke 78 oleh Pemerintah Desa Ngampel dan melestarikan adat istiadat yang berlangsung tiap tahun serta untuk nguri-uri budaya Jawa. Acara dimulai tanggal 27 Agustus sampai 12 September, meliputi lomba-lomba tingkat RT, Lomba antar RT (Siskamling, sepakbola, tarik tambang). Pertunjukan wayang ini bersumber dari partisipasi warga Desa Ngampel dari 3 Dusun yaitu Mrau, Batu dan Gempol,” ujar Tri sambil berulangkali mengucapkan terima kasih pada warga desa atas dukungan dan partisipasinya.

Sementara itu Kepala Desa Ngampel Alfrius Tri Nugraha mengatakan ” Syukur Alhamdulillah pentas wayang kulit bisa terlaksana. Ini pesta rakyat, semua berkat bantuan pengusaha dan partisipasi warga desa Ngampel”.

“Melihat antusias warga Nagampel yang begitu besar dalam pertunjukkan wayang kulit uni, Insya Allah tahun depan akan mengundang kembali Ki Dalang Cahyo Kuntadi menghibur kembali warga Ngampel dan sekitarnya. Lakon Satriyo Maneges mempunyai makna datangnya Satriya atau pemimpin untuk membangun, memulihkan keadaan menuju masyarakat yang tata tentrem, karta raharja.” pungkas Mbah Inug panggilan akrab Kades Ngampel.

Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk ini, diawali dengan penyerahan Tokoh Wisanggeni dari Kepala Desa Ngampel, kepada Dalang Ki Cahyo Kuntadi . Ikut hadir Camat Mejayan Bibit Purwanto, Forkompimcam dan tokoh masyarakat.

Pertunjukan wayang semalam suntuk ini menyedot perhatian warga desa, puluhan pedagang makanan, mainan, dan jasa permainan anak pun berjejer di sepanjang jalan Lapangan Nugraha Mukti dan di depan Balai Desa Ngampel. (SR).

Komentar